SUPPORTING PENDAMPINGAN PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI KEGIATAN EDUKASI BAGI MASYARAKAT RT 01 / RW 04 DESA GONILAN

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang dibentuk oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam bentuk penerjunan Relawan UNS Tanggap Pademi COVID-19 ke berbagai wilayah di Indonesia khususnya daerah masing-masing mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN. Kegiatan ini menugaskan mahasiswa yang didampingi dosen pendamping lapangan di lokasi masing-masing dengan dihimbau secara daring. Yang mana bertujuan agar mahasiswa dapat berkontribusi bersama dengan masyarakat untuk melawan pademi COVID-19. Program kegiatan KKN menggunakan metode pemberian edukasi mengenai protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Riza ambarwati (K6417063) merupakan mahasiswi program pendidikan Panncasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang mengikuti KKN Covid-19 batch 2 yang dimulai pada tanggal 15 mei 2020 sampai dengan tanggal 30 juni 2020. Lokasi kegiatan KKN didesa sendiri yakni Desa Gonilan khususnya di RT 01 / RW 04 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah yang dibimbing oleh Dosen Pembimbin Lapangan Prof. Ari Natalia Probandari, , dr, MPH, Ph.D dengan dengan tema kegiatan KKN Supporting pemahaman masyarakat terhadap pandemi covid-19” dengan cara melakukan kampanye melalui social media dengan memaksimalkan media dan sumber daya yang tersedia.  Metode dan program kerja yang dilakukan dalam kegiatan KKN Covid-19 dilakukan dengan metode daring dengan beberapa progam kerja keselamatan masyarakat mengenai pentingnya hidup bersih dan sehat bagi masyarakat, penyampaian informasi secara daring terhadap masyarakat, serta praktek langsung. Untuk program kerja yang dilakukan antara lain; pertama, Sosialisasi pemahaman tentang covid-19 untuk masyarakat melalui media sosial seperti instagram dan whatsapp berupa poster. Kedua, Membuat berbagai video tutorial tentang cara membuat masker non medis, membuat disinfektan, membuat handsanitaizer dan membuat ember tempat cuci tangan serta membuat tutorial cara penanaman tanaman herbal. Ketiga, Penyampaian informasi mengenai covid-19 kepada masyarakat melalui grup whatsapp. Keempat, Pembagian berbagai produk kkn seperti masker non medis, handsanitaizer, sabun cuci tangan, tanaman herbal, MMT dan poster di lingkungan sekitar RT 01 Rw 04 desa Gonilan. Kelima, Ikut serta bersama ibu-ibu PKK dan Darwis membagikan sedekah sayur guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok di tengah pandemi corona. Keenam, Bergabung dan ikut serta dalam kegiatan di SATGAS COVID-19 Desa Gonilan.

kegiatan KKN COVID-19 ini sangat membantu masyarakat dalam menjaga keselamatan dan kebersihan lingkungan seluruh warga Desa Gonilan khususnya RT 01 RW 04 dan juga dapat memahami apa itu virus covid-19 serta paham dengan bahaya covid-19 bagi kesehatan siapapun dan bagaimana cara mencegahnya, Disamping itu kegiatannya dapat lebih mempererat hubungan antar warga untuk lebih bias saling mengingatkan dalam kebikan, saling membantu dan saling menjaga satu sama lain.