Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNS

Member of

KOMUNITAS PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

Sejalan dengan 3 kelompok riset grup pada halaman Grup Penelitian, maka komunitas dan pengembangan keilmuannya sebagai berikut:

Research Group Filsafat dan Politik Kewarganegaraan

Riset-riset yang dilakukan riset grup ini pada tahun sebelumnya (2017, 2018, 2019) telah menghasilkan beberapa temuan isu kewarganegaraan bidang filsafat dan politik. Misal tema tentang atribut kewarganegaraan, identitas dan karakter warga, hak warga, konflik, komunitas, demokrasi lokal, ideologi Pancasila, nilai dan norma, dan ketahanan wilayah. Tema-tema di atas masuk dalam kategori tema penelitian UNS bidang Nomor 7 Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial dan Nomor 12 Pembangunan Manusia dan Daya Saing Bangsa.

Tema-tema tersebut  tetap dilanjutkan guna lebih memperdalam, memperkaya dan memperluas isu kewarganegaraan bidang filsafat dan politik (2020, 2021, 2022, 2023). Ia akan menjadi obyek pengkajian PKn dimensi akademik. Misalnya menghasilkan indikator karakter warga negara Indonesia berdasar kebijakan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), karakter anti radikalisme, karakter Pancasila, karakter demokratis.  Isu kewarganegaraan tersebut selanjutnya dapat dijadikan sumber dan referensi materi Pendidikan Kewarganegaraan

Hasil-hasil riset tersebut selanjutnya akan dipublikasikan dalam artikel ilmiah di jurnal, prosiding, buku referensi dan sosialisasi melalui berbagai kegiatan akademik. Target utamanya adalah hasil riset akan memperkaya sumber belajar PKn di  jalur kurikuler dan kemasyarakatan. Dengan demikian sumber belajar bagi PKn baik untuk jenjang sekolah maupun perguruan tinggi. Dengan demikian PKn jalur kurikuler dan kemasyarakatan tidak hanya bersumber dari buku dan dokumen formal tetapi berbasis hasil riset.

 

Research Group Pembelajaran dan Pendidikan Kewarganegaraan

Riset Grup Pembelajaran dan Pendidikan Kewarganegaraan merupakan grup riset yang mengkaji langkah-langkah strategis dan inovatif dalam mendesain pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan agar dicapai kompetensi yang diharapkan melalui pengembangan desain, kurikulum, bahan ajar, pendekatan, model, media dan evaluasi berorientasi education 4.0. Selain itu juga fokus pada pemberdayaan warga dalam arti individu dan komunitas guna pemenuhan hak-hak warga negara dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan.

Peta jalan riset grup ini berdasarkan pada keterkaitan dengan Rencana Strategis Bisnis Penelitian LPPM UNS (RSBP) untuk bidang kajian Pengembangan Manusia Dan Daya Saing Bangsa yang mempunyai tujuan mewujudkan manusia Indonesia yang mandiri melalui pemberdayaan diri, pendidik dan tenaga kependidikan, sekolah/perguruan tinggi, keluarga dan masyarakat dengan tujuan terwujudnya insan cerdas, berkarakter dan kompetitif.

Hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Riset Grup Pembelajaran dan Pendidikan Kewarganegaraan ialah berupa publikasi artikel ilmiah di jurnal dan prosiding nasional dan internasional, serta produk-produk pembelajaran yang terus dikembangkan bersama laboratorium PPKn FKIP UNS untuk menunjang proses pembelajaran pada bidang studi PPKn.

Research Group Hukum dan Kewarganegaraan

Fokus kajian Riset Grup Hukum dan Kewarganegaraan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2017-2045, Permeristekdikti Nomor 38 Tahun 2019 tentang Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020-2024 dan Rencana Induk Penelitian (RIP UNS) sebab main goal dari penelitian ini telah berpartisipasi dalam salah satu pengembangan 13 (tiga belas) tema penelitian UNS yang disesuaikan dengan tema penelitian yang dirumuskan RISTEK dan Sistem Inovasi Nasional (SINAS).

Research Group Hukum dan Kewarganegaraan (RGHK) memfokuskan diri pada riset dan pengabdian di bidang Hukum dan Kewarganegaraan. Riset Grup berfokus pada Kesadaran Hukum dan Pendidikan Hukum yang menelaah lebih lanjut terkait dengan mahasiswa sebagai penerus bangsa yang sangat penting untuk dibentuk sikap good citizen sehingga mampu menjadi warga negara yang memiliki kesadaran hukum yang baik. Hasil-hasil penelitian diharapkan mampu menjadi salah satu referensi bagi dosen di lingkungan UNS khususnya, dan secara umum bagi dosen di perguruan tinggi lain maupun peneliti selanjutnya sebagai upaya membentuk good citizen pada mahasiswa.

Temuan dan inovasi luaran dari penelitian dan pengabdian masyarakat Riset Grup Hukum dan Kewarganegaraan dilakukan dalam bentuk (1) Publikasi ilmiah dalam prosiding terindek Scopus di International Conference on Citizenship Education and Democratic Issues (ICCEDI) dan International Conference On Social Sciences And Educatin (ICSSE), (2) E-book ber-ISBN berupa buku strategi pembelajaran berbasis proyek (PBP) pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk membentuk good citizen mahasiswa melalui LMS SPADA UNS, (3) Hak Kekayaan Intelektual.

 

PAGE IN MAINTENANCE...