Capaian pembelajaran lulusan disusun dan dirumuskan berdasar pada Permenristekdikti No 44 Tahun 2015, yang terdiri atas capaian pembelajaran lulusan aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus.
Kompetensi Umum
Kompetensi utama dari lulusan program studi adalah menjadi tenaga pendidik jenjang sarjana pada bidang pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran bidang pendidikan kewarganegaraan yang sesuai dengan konsep teoritik pedagogik yang berkarakter Pancasila. Kompetensi lulusan ini selanjutnya terjabarkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau learning outcomes. Untuk capaian aspek sikap dan keterampilan umum mengacu pada Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 level 6 jenjang sarjana. Sedangkan untuk aspek pengetahuan dan keterampilan khusus dikembangkan oleh prodi dengan pihak terkait. Capaian pembelajaran lulusan program studi tersebut sebagai berikut :
PENGETAHUAN
KODE | KATEGORI | HASIL PROGRAM PEMBELAJARAN |
---|---|---|
P-1 | Pengetahuan | Menguasai konsep teoritis Ilmu Kewarganegaraan |
P-2 | Pengetahuan | Menguasai konsep, prinsip dan pola pikir keilmuan yang mendukung Pendidikan Kewarganegaraan |
P-3 | Pengetahuan | Menguasai konsep teoretis pedagogik Pendidikan Kewarganegaraan |
P-4 | Pengetahuan | Menguasai potensi umum peserta didik khususnya berorientasi pada kecakapan hidup /life skill. |
P-5 | Pengetahuan | Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan |
P-6 | Pengetahuan | Menguasai fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu Pendidikan Kewarganegaraan |
P-7 | Pengetahuan | Menguasai prinsip dan dasar-dasar penelitian ilmu dan pendidikan kewarganegaraan |
SIKAP
KODE | KATEGORI | HASIL PROGRAM PEMBELAJARAN |
---|---|---|
S-1 | Sikap | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious |
S-2 | Sikap | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S-3 | Sikap | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S-4 | Sikap | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S-5 | Sikap | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S-6 | Sikap | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S-7 | Sikap | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S-8 | Sikap | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S-9 | Sikap | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S-10 | Sikap | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
KETERAMPILAN UMUM
KODE | KATEGORI | HASIL PROGRAM PEMBELAJARAN |
---|---|---|
KU-1 | Keterampilan Umum | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU-2 | Keterampilan Umum | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
KU-3 | Keterampilan Umum | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU-4 | Keterampilan Umum | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU-5 | Keterampilan Umum | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU-6 | Keterampilan Umum | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU-7 | Keterampilan Umum | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU-8 | Keterampilan Umum | Mampu melakukan proses evaluasi terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU-9 | Keterampilan Umum | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KETERAMPILAN KHUSUS
KODE | KATEGORI | HASIL PROGRAM PEMBELAJARAN |
---|---|---|
KK-1 | Keterampilan Khusus | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai (assessment) pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler bidang Pendidikan Kewarganegaraan, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu |
KK-2 | Keterampilan Khusus | Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan |
KK-3 | Keterampilan Khusus | Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) |
KK-4 | Keterampilan Khusus | Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif |
KK-5 | Keterampilan Khusus | Mampu menemukan peluang dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya |
KK-6 | Keterampilan Khusus | Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap fenomena dan masalah tentang mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan dan ilmu kewarganegaraan, dan mempublikasikannya secara ilmiah |
KK-7 | Keterampilan Khusus | Mampu mengkaji dan mengembangkan bidang keilmuan PKn sebagai kurikulum dan bahan ajar |
Kompetensi Pendukung Lulusan
Untuk kompetensi pendukung, mahasiswa dibekali dengan kompetensi Menulis Karya Ilmiah dan Jurnalistik untuk membekali mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang kompeten. Mahasiswa juga dibekali dengan keterampilan kewirausahaan (entrepreneurship) melalui mata kuliah umum universitas yakni Kewirausahaan.
Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
Kompetensi lain adalah kemampuan mahasiswa dalam hal kepemimpinan dan manajerial yang bisa diperoleh melalui kegiatan dan organisasi kemahasiswaan. Prodi mendukung penuh keberadaan organisasi mahasiswa tingkat prodi berupa Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) untuk mengasah kemampuan berorganisasi dan kemampuan manajerial mahasiswa. Himpunan Mahasiswa Prodi PPKn bernama “Demokratia”. “Demokratia” telah memiliki kepengurusan setiap tahun dan melaksanakan program programnya seperti : orientasi mahasiswa baru, latihan dasar kepemimpinan, Civic Days, dan Binaan Anak di masyarakat. Bentuk dukungan prodi terhadap HMP berupa pemberian fasilitas kegiatan seperti ruang sekretariat, komputer, akses internet, dan beraneka ragam buku referensi. Ruang sekretariat HMP Demokratia berada di lantai 2 FKIP C.
Selain dukungan terhadap keberadaan dan kelangsungan HMP Demokratia, prodi juga mendukung dan memfasilitasi pengembangan kompetensi mahasiswa di luar pembelajaran . Misal meminta mahasiswa PPKn untuk mengikuti berbagai lomba seperti PKM, Mahasiswa Berprestasi dan lomba akademik lain. Prodi juga meminta mahasiswa untuk mengikuti berbagai seminar skala lokal maupun nasional yang diselenggarakan pihak lain. Dalam masa orientasi, kepala prodi mengajak dan meminta mahasiswa untuk terlibat di organisasi kemahasiswaan baik tingkat fakultas maupun universitas. Seperti BEM, Senat, unit kegiatan mahasiswa (UKM).