Sosialisasi kepada Guru SD mengenai Media Pembelajaran Online Podcast

( Karanganyar , 17 Juni 2020 ) Dengan adanya pandemi COVID-19, banyak aktivitas masyarakat dalam berbagai bidang menjadi terhambat dan terganggu seperti di bidang ekonomi, sosial, serta pendidikan. Siswa diharuskan belajar di rumah, masyarakat juga harus memutar otak untuk tetap mempertahankan usahanya, bahkan saling menjaga jarak dengan orang yang dikenal. Melalui kegiatan dalam KKN Desa Suruhkalang Dusun Mojorejo RT 01 RW 06 secara keseluruhan dapat membantu dalam memberikan bimbingan belajar bagi anak-anak selama adanya home learning, membantu perekonomian warga dengan menjual barang dagang secara online, serta meningkatkan pemahaman warga mengenai pencegahan penularan Covid-19 dengan mengajarkan kepada anak-anak dan warga mengenai pola hidup yang bersih untuk mencegah penularan virus ini.

Maka dari itu, melalui Program KKN UNS Era Covid-19 yang dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP UNS Isti Mardiana (K6417037) dan selaku pelaksana program KKN ini dibimbing oleh Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D. melaksanakan program kerja dengan fokus di bidang pendidikan dengan mengenalkan media pembelajaran berbasis online ke guru SD 01 Suruhkalang. Program ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan di Dusun Mojorejo Desa Suruhkalang.

Mahasiswa melakukan program dengan dua cara yaitu secara online dan secara offline. Dimana program online dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada guru SD mengenai media pembelajaran online seperti podcast . Program secara online juga dilakukan untuk memberi sosialisasi mengenai Covid 19 yang disebarkan melalui Whatsapp Group warga dusun Mojorejo. Adapun program offline dilakukan dengan membagikan masker, brosur serta bibt tanaman. Diharapkan dengan pelaksanaan KKN ini dapat memberikan dampak positif terhadap perilaku masyarakat Desa Suruhkalang Dusun Mojorejo Rt 01 Rw 06 . Karena adanya KKN ini, membuat guru paham tentang penggunaan aplikasi berbasis online yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari serta masyarakat sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan.