Sosialisasi Covid-19 Melalui Kegiatan Relawan Covid-19 UNS di RT 01/ RW 04 Desa Gintung Lor

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Akan tetapi dengan adanya pandemi Covid-19, KKN tidak dapat diadakan sesuai dengan ketentuan yang biasa dilakukan setiap tahunnya. Akan tetapi, hal ini tidaklah menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusinya pada masyarakat. Universitas Sebelas Maret (UNS) kemudian memberikan solusi kepada mahasiswa agar tetap dapat mengabdi kepada masyarakat dengan tetap mengadakan KKN yang sedikit dimodifikasi, yaitu berupa kegiatan KKN Relawan Covid-19 UNS yang dapat dilaksanakan secara perorangan dan sesuai dengan domisili tempat mahasiswa tinggal. Salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN Relawan Covid-19 ini adalah Tsuraya Adzra Mulyadi (K6417073).

Mahasiswa yang akrab disapa Tsuraya ini merupakan salah satu mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dengan bimbingan dari Bapak Prof. Dr. Ir. Sudibya, M.S. selaku dewan Pembimbing Lapangan (DPL), Tsuraya mengabdikan dirinya kepada masyarakat melalui kegiatan KKN Relawan Covid-19 di RT 01 RW04 Desa Gintung Lor, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Mengambil tema besar berupa Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19, Tsuraya melakukan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Covid-19, memberikan pemahaman mengenai pentingnya PHBS, meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya social distancing serta memberikan pemahaman tentang pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

Kegiatan KKN Relawan Covid-19 yang dilakukan oleh Tsuraya mulai dari tanggal 26 Mei hingga 30 Juni 2020 adalah berupa sosialisasi secara online mengenai Covid-19, social distancing, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pentingnya menggunakan APD melalui Instagram, Grup WA, Story WA, dan platform digital lain. Sedangkan sosialisasi secara offline dilakukan dengan menempel poster/pamflet mengenai New Normal. Selain itu, Tsuraya juga melakukan kegiatan pembagian masker dari rumah ke  rumah yang disertai dengan edukasi mengenai New Normal serta pentingnya untuk tetap menggunakan masker saat keluar rumah dengan menyertakan brosur New Normal kepada warga RT 01 RW 04 Desa Gintung Lor. Hal ini dilakukan karena masih banyak sekali warga yang acuh dalam menggunakan masker tiap bepergian. Tsuraya juga  membuat video tutorial memasak jajanan atau camilan sendiri dirumah sebagai bentuk dari PHBS. Tsuraya menilai dengan memasak sendiri jajanan atau camilan, kebersihan makanan serta kandungan gizi yang didapat menjadi lebih baik dan juga terjaga dibandingkan dengan membeli kepada pedagang. Kegiatan terakhir dilakukan oleh Tsuraya adalah dengan melakukan penyediaan sabun cuci tangan di masjid setempat, yaitu masjid Al-Falah yang setiap Jum’at-nya tetap mengadakan kegiatan ibadah solat Jum’at. Kegiatan yang dilakukan selama 36 hari ini mendapatkan banyak respon positif baik secara online maupun offline bukan hanya dari warga RT 01 RW 04 Desa Gintung Lor saja, tetapi juga kepada warga lain yang ikut merasakan dampak positif dari adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan mengingat melalui media online, semua orang tentunya dapat melihat pamflet online yang disebar melalui media sosial digunakan oleh Tsuraya untuk kegiatan KKN Relawan Covid-19-nya.