PROSIDING SEMINAR NASIONAL PPKN FKIP UNS 2021

Berkas Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS 2021 dapat diakses pada link berikut, sesuai dengan nama file yang ingin diakses/didownload:

COVER DAN DAFTAR ISI PROSIDING SEMINAR NASIONAL PPKN FKIP UNS 2021

FULL PAPER PROSIDING SEMINAR NASIONAL PPKN FKIP UNS 2021

PAPER PEMBICARA DAN MASING-MASING PEMAKALAH DAPAT DIAKSES PADA LINK BERIKUT:

FULL PAPER PEMBICARA:

  1. Herd Ability Kewarganegaraan di Masa Society 5
    Machmud Al Rasyid (Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 2-6
  2. Strategi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Mata Kuliah Pengembangan Karakter dan Wawasan Kebangsaan di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0
    Pipit Widiatmaka (IAIN Pontianak)……………………………………………………….. 7-12
  3. Meneropong Jejak Digital Guru Mata Pelajaran PPKn dalam Perspektif Teori dan Riset
    Dedy Ari Nugroho(Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)…………. 13-18
  4. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menghadapi Era Society 5.0
    Dasim Budimansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)………………………… 19-24

FULL PAPER PEMAKALAH:

  1. Kurikulum Pendidikan Indonesia Berbasis Kearifan Lokal melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0
    Aulia Firdatin (Universitas Sebelas Maret)……………………………………………. 26-32
  2. Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama
    Anissa Fauziyah(Universitas Sebelas Maret)…………………………………………. 33-38
  3. Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan Laboratorium Sosial
    Chilwaddiniz Zahrah(Universitas Sebelas Maret)…………………………………… 39-43
  4. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Nasionalis Generasi Muda di Era Global
    Hardika Purnianto(Universitas Sebelas Maret)………………………………………. 44-49
  5. Metode Pembelajaran untuk Mengebangkan Civic Confidence Siswa
    Muskhaf Bahtyar (Universitas Sebelas Maret)……………………………………….. 50-56
  6. Penguatan Etika Digital sebagai Upaya Membentuk Civic Disposition melalui Pendidikan Kewarganegaraan
    Novita Arum Sari(Universitas Sebelas Maret)……………………………………….. 57-62
  7. Studi Literatur : Kompetensi Guru PPKn dengan Pengintegrasian TPACK pada Pembelajaran Jarak Jauh Fitria Utami Putri Bintari(Universitas Sebelas Maret)…………………………….. 63-69
  8. Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Film Jenderal Soedirman Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
    Esty Rahmayanti(Institut Seni Indonesia Surakarta)……………………………….. 70-75
  9. Pembelajaran Daring: Urgensi Meningkatkan Civic Competence Mahasiswa Ditengah Era Society 5.0 Rhosita, Muhammad Mona Adha, Ahman Tosy Hartino,Eska Prawisudawati Ulpa, Ahmad Rifai(Universitas Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Inten Lampung)…………………………………………………….. 76-82
  10. Analisis Pendidikan Antikorupsi di Indonesia melalui Kurikulum Mata Pelajaran PKn di Tingkat Sekolah Menengah Pertama
    Nissabilia Tita Ummayah(Universitas Sebelas Maret)…………………………….. 83-88
  11. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Pilar Penegakan Hak Asasi Manusia
    Firda Afrisa(Universitas Sebelas Maret)……………………………………………….. 89-92
  12. Pembelajaran PKn sebagai Upaya Meningkatkan Civic Participation (Partisipasi Warga Negara) Peserta Didik
    Diyan Nur Mellina(Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 93-97
  13. Analisis Peningkatan Angka Pernikahan Dini selama Pandemi Covid-19 sebagai Dampak Pembelajaran Daring melalui Prespektif Kewarganegaraan
    Mar’atul Hidayah(Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 98-103
  14. Kompetensi Profesional Guru: Pentingnya Keterampilan Mengelola Kelas Guru PPKn di Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa
    Nalaratih Wulandari(Universitas Sebelas Maret)………………………………… 104-107
  15. Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Kesantunan (Civic Disposition) Peserta Didik dalam Media Digital di Era Globalisasi
    Nilam Ayu Cahyaningtyas (Universitas Sebelas Maret)………………………. 108-113
  16. Strategi Berpikir Kritis melalui  Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran PPKn Menggunakan Media Sosial Di Era Globalisasi
    Resti Sukma Nastiti(Universitas Sebelas Maret)…………………………………. 114-119
  17. Penguatan Pendidikan Politik Kebangsaan dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Mengembangkan  Literasi PolitikMahasiswa Di Era Society 5.0
    Ronni Juwandi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)………………………….. 120-124
  18. Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Landasan Terbentuknya Karakter dan Wawasan Kebangsaan di Universitas Lampung
    Azzahra Kesuma Dewi, Afis Hafifah Hasanah, Lusi Rahmanisa, Kartika Hanif Nabila,Muhammad Mona Adha(Universitas Lampung)……………………………………………………………………………………………………… 125-135
  19. Penerapan Model Yurisprudensi Inquiry Dalam Pendidikan PancasilaSebagai Upaya Membangun Karakter Mahasiswa
    Sri Hudiarini, Hudriyah Mundzir, Shohib Muslim(Politeknik Negeri Malang)………….136-144
  20. Strategi Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif PPKn Berbahan Dasar Limbah Padi
    Tifani(Universitas Sebelas Maret)…………………………………………………….. 145-150
  21. Strategi Penerapan Civic Disposition pada PKn untuk Menumbuhkan Karakter Jujur Siswa di Masa Pandemi
    Melisa Ayu Pratiwi(Universitas Sebelas Maret)…………………………………. 151-157
  22. Strategi Pembelajaran PKn yang Tepat pada Masa Pandemi
    Mila Unitasari(Universitas Sebelas Maret)…………………………………………. 158-163
  23. Meningkatkan Karakter Siswa di Era Digital  melalui Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal
    Shalsabila Yuli Rahmawati (Universitas Sebelas Maret)……………………… 164-167
  24. Penguatan Pembelajaran PPKn melalui Literasi Digital di dalam Sistem Pengajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19
    Slamet Ginanjar (Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 168-173
  25. Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi dalam Pembelajaran PPKn
    Andrean Priyo Rustari(Universitas Sebelas Maret)……………………………… 174-177
  26. Media Sosial sebagai Sarana Membangun Toleransi bagi Generasi Milinieal
    Agif Ikball Galang Fauzi(Universitas Sebelas Maret)………………………….. 178-182
  27. Desain Model Integrasi Nilai Bela Negara pada Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi
    Asep Mahpudz, Taufiq Eka Riandana, Shofia Nurun Alanur(Universitas Tadaluko)…….183-190
  28. Penguatan Civic Virtue pada Pembelajaran PPKn dalam rangka Menghadapi Era Society 5.0
    Wiwin Winarningsih, Vina Lestari, Retno Wardani, Muhammad Mona Adha (Universitas Lampung) 191-196
  29. Pengaruh Era Society 5.0 Dalam Membina Integrasi Nasional Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 KisaranTahun Ajaran 2020/2021
    Farida Suri, Wawan Akbar, Servista Bukit(UniversitasNegeri Medan)….. 197-204
  30. Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Upaya Pengembangan Karakter Di Lingkungan Perguruan Tinggi
    Alif Lukmanul Hakim(Universitas Islam Indonesia)…………………………… 205-210
  31. Eksistensi dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat pada Era Digital
    Deny Prakoso(Universitas Sebelas Maret)…………………………………………. 211-215
  32. Civic Engagement sebagai Sarana Membangun Sikap Toleransi dalam Media Sosial
    Adam Irfandi A M (Universitas Sebelas Maret)………………………………….. 216-219
  33. Literasi Politik Berbasis Media Sosial untuk Membentuk Integritas dalam Berpolitik bagi Pemilih Pemula
    Aan Winandi (Universitas Sebelas Maret)…………………………………………. 220-227
  34. Kedudukan Perempuan sebagai Warga Negara yang Memiliki Hak dalam Proses Politik
    Athiya Hanifah(Universitas Sebelas Maret)……………………………………….. 228-233
  35. Instagram sebagai Media Pendidikan Kewaraganegaraan dalam Memperkuat Etika Digital Generasi Arin Darmaningsih(Universitas Sebelas Maret)………………………………….. 234-244
  36. Meningkatnya Pengajuan Dispensasi Pernikahan Usia Dini dan Kaitannya dengan Pelanggaran Hak Asasi Anak di Kabupaten Jepara
    Astin Widyaningrum(Universitas Sebelas Maret)……………………………….. 245-251
  37. Pendidikan Politik sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Di Era Globalisasi
    Kusuma Anggara(Universitas Sebelas Maret)…………………………………….. 252-257
  38. Civic Literacy Challenge: How Indonesian Digital Citizens Take Over Sosial Media and Public Discourse in Pandemic Era
    Zulkarnain, Nawang Retno Dwiningrum(Politeknik Negeri Balikpapan)……………………. 258-265
  39. Psikologi Kebangsaan: Pemetaan Wawasan Kebangsaan Di Masyarkaat Hastangka, Novia Sinta Rochwidowati , Annas Fitria Sa’adah(Universitas Mercu Buana Yogyakarta)…………………………………. 266-272
  40. Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengembangan Karakter Dan Wawasan Kebangsaan di perguruan tinggi
    IzuddinsyahSiregar, SalmahNaelofaria(Universitas Graha Nusantara, Universitas Negeri Medan)…………….273-280
  41. Tradisi Upacara Ceprotan sebagai Pelestarian Nilai Civic Culture dalam Memperkuat Identitas Nasional Emy Dian Tari(Universitas Sebelas Maret)………………………………………… 281-286
  42. Penguatan Pendidikan Politik bagi Generasi Muda melalui Literasi Politik Berbasis Podcast untuk Meningkatkan Partisipasi Politik dalam Pemilu di Era Digital
    Aulia Anjani (Universitas Sebelas Maret)…………………………………………… 287-293
  43. Pemilih Pemula sebagai Partisipasi Politik dalam Pemilihan Umum
    Deshinta Putri Dewanti(Universitas Sebelas Maret)……………………………. 294-297
  44. Kebijakan Pemerintah dalam Implementasi Sekolah Inklusif sebagai Perwujudan Pendidikan Tanpa Diskriminasi
    Dinda Dewi Yuliana(Universitas Sebelas Maret)………………………………… 298-302
  45. Implementasi Partai Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Pendidikan Politik Dinda Aprilia(Universitas Sebelas Maret)………………………………………….. 303-309
  46. Kenakalan Remaja yang Terjadi di Lingkungan Masyarakat akibat dari Kurangnya Pendidikan Akhlak
    Djoko Septiawan (Universitas Sebelas Maret)……………………………………. 310-312
  47. Penerapan E-Tilang di Kabupaten Karanganyar dalam Membentuk Good Citizen
    Muhammad Yatmo Fajar(Universitas Sebelas Maret)…………………………. 313-315
  48. Implementasi Mata Kuliah Pengembangan Karakter dan Wawasan Kebangsaan di Perguruan Tinggi dengan Pendekatan Humanis menjadi Bangsa yang Tangguh
    Luh Suryatni(Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma)……………….. 316-328
  49. Peran Serta Warga Negara dalam Penerapan Birokrasi Digital: Optimalisasi Pelayanan Publik secara Daring
    Ally Nafal Hidayat, Hario Parikesit, Raras Agestia Putri, Zenia Elga, Muhammad Mona Adha(Universitas Lampung)   329-338
  50. Pendidikan Pancasila Dalam Konteks Materi Pembelajaran Bagi Mahasiswa (Generasi Muda) Pada Era Kekinian Society 5.0
    Ahmad Rifai, Rachel Agustin Inggrid Zefanya, Abrila Tamara Putri, Ahmad Duta Al-Ihya, Muhammad Mona Adha, Ahman Tosy Hartino (Universitas Lampung)………………………………………………………… 339-348
  51. Negara Demokrasi dan Urgensi Penguatan Digital Citizenship di Indonesia
    Isnanda Nur Ramdani(Universitas Sebelas Maret)………………………………. 349-355
  52. Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Warga Digital Positif untuk Mempertahankan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
    Fadhilah Fani Ghinayani(Universitas Sebelas Maret)………………………….. 356-362
  53. Upaya Pembentukan Karakter Good Citizen melalui Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Di SLTA
    Fatkhul Nursafaah(Universitas Sebelas Maret)…………………………………… 363-369
  54. Wisata Alam sebagai Sarana Penguatan Sikap Ecological Citizenship Masyarakat
    Fitroh Nur Fauziah(Universitas Sebelas Maret)………………………………….. 370-373
  55. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Wujud Tradisi Sambatan sebagai Modal Menghadapi Tantangan Globalisasi terhadap Jati Diri Bangsa
    Husnul Fauziyah(Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 374-382
  56. Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan  sebagai Materi Pembelajaran yang Membentuk Good Citizenship
    Kharimah Heba Farhana(Universitas Sebelas Maret)………………………….. 383-386
  57. Ekstrakulikuler Paskibra sebagai Pendidikan Karakter dalam Upaya Meningkatkan Nasionalisme
    Putri Oktafia Niawati(Universitas Sebelas Maret)………………………………. 387-391
  58. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Mewujudkan Masyarakat 5.0
    Hasbi Ali, Irma Anggraini(Universitas Syiah Kuala)…………………………… 392-398
  59. Peningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Merancang Rencana Pembelajaran Berbasis TPACK sebagai Kerangka Integrasi Pembelajaran Di Era Society 5.0
    Evi Susilawati, Imamul Khaira(Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Haji Sumatera Utara)..399-406
  60. Media Pendidikan Moral Warga Negara Muda Berbasis Pengembangan Film Pendek Pada Era Society 5.0
    Ahman Tosy Hartino, Muhammad Mona Adha, Eska Prawisudawati Ulpa, Ahmad Rifai, Rhosita, Alan Refandi Ramadhani(Universitas Lampung)……………………………. 407-413
  61. Peningkatan Civic Responsibility sebagai Upaya Mencegah Penyebaran Hoaks dalam Media Digital
    Mudrikah Uswatun Chasanah(Universitas Sebelas Maret)…………………… 414-418
  62. Pentingnya Kesadaran Hukum melalui Media Sosial untuk Mewujudkan Disiplin dan Etika dalam Berinteraksi di Era Society 5.0
    Letta Tabiladhama(Universitas Sebelas Maret)…………………………………… 419-422
  63. Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Civic Literasi dalam Menyikapi Berita Hoax di Media Sosial
    Luthfi Adani Kurniawan(Universitas Sebelas Maret)………………………….. 423-427
  64. Penyesuaian Model Pembelajaran PKn di Era Society 5.0 dengan Teknologi Modern di Masa Pandemi Covid-19
    Sri Rahayu(Universitas Sebelas Maret)……………………………………………… 428-431
  65. Optimalisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Penguatan Civic Virtue Pemuda melalui Organisasi Karang Taruna
    Mayang Dwi Anggraeni(Universitas Sebelas Maret)…………………………… 432-438
  66. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Peneguhan Masyarakat Multikultural sebagai Pembentuk Karakter Bangsa
    Mega Silvia(Universitas Sebelas Maret)……………………………………………. 439-443
  67. Fenomena Klitih sebagai Suatu Bentuk Kenakalan Remaja dalam Persepktif Patologi Sosial Kewarganegaraan
    Suryo Nugroho(Universitas Sebelas Maret)……………………………………….. 444-448
  68. Civic Literacy: Sebagai Upaya dalam Mempersiapkan Warga Negara Menuju Era Society 5.0
    Tesa Lonika D.P,Handriyanto,Amallia Noviani, Muhammad Mona Adha(Universitas Lampung)……449-455
  69. Resiliensi Pancasila Di Era Disrupsi: Dilematis Media Sosial Dalam Menjawab Tantangan Isu Intoleransi Hendri Irawan(Universitas Negeri Semarang)……………………………………. 456-467
  70. Revitalisasi Nilai – Nilai Pancasila dalam Pembuatan Konten Media Sosial
    Putriana Handayani Rahayu (Universitas Sebelas Maret)…………………….. 468-472
  71. Perlunya Berpikir Kritis dalam Kebebasan Berpendapat Di Media Sosial bagi Peserta Didik Kajian Pendidikan Kewarganegaraan
    Mikha Putri Maharani(Universitas Sebelas Maret)……………………………… 473-477
  72. Implementasi Pembelajaran PPKn sebagai Strategi untuk Membentuk Civic Disposition dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi
    Muhammad Riza Irasyadillah Firdous(Universitas Sebelas Maret)……….. 478-480
  73. Penguatan Ecological Citizenship dalam Menghadapi Era Society 5.0 melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan
    Mutiara Ulmuyassaroh(Universitas Sebelas Maret)…………………………….. 481-486
  74. Efektivitas Civic Literasi melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Preventif Penanggulangan Berita Hoax di Media Sosial
    Naufal Akbar Gifary(Universitas Sebelas Maret)……………………………….. 487-493
  75. Peran Guru PKn dalam Penanganan Sikap Buruk Anak akibat Kenakalan Remaja
    Neila Nur Ni’ma(Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 494-498
  76. Urgensi Hak Asasi Perempuan dalam Kepemimpinan Politik melalui Perspektif Feminisme
    Neneng Dhea Fatimah (Universitas Sebelas Maret)…………………………….. 499-503
  77. Pengembangan Nilai-Nilai Antikorupsi melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi
    Yudha Pradana(Politeknik Negeri Media Kreatif)………………………………. 504-508
  78. Pancasila sebagai Sistem Filsafat
    Surajiyo(Universitas Indraprasta PGRI)…………………………………………….. 509-517
  79. Membangun Sikap Bela Negara Melalui Implementasi Mata Kuliah Pengembangan Karakter Dan Wawasan Kebangsaan Di Perguruan Tinggi
    Filda Octovanny, Riana Rindriani, Sigit Bagus Prasetyo, Surya Darma (Universitas Lampung)…….518-528
  80. Urgensi Penguatan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Strategi Menghadapi Era Society 5.0
    Sholihah Fitria Ningrum(Universitas Sebelas Maret)………………………….. 529-536
  81. Tingkat Kesadaran Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19
    Ratna Hidayah (Universitas Sebelas Maret)……………………………………….. 537-539
  82. Sosialisasi Online Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika sebagai Upaya Civic Responsibility di Kalangan Remaja Jawa Tengah
    Rifdah Dhiya Ul’haq(Universitas Sebelas Maret)……………………………….. 540-544
  83. Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat oleh Pemerintah untuk Meningkatkan Rasa Nasionalisme Bangsa
    Rizki Nurwan Hidayat (Universitas Sebelas Maret)…………………………….. 545-548
  84. Keterlibatan Sosial Kaum Remaja di Masyarakat dalam Bentuk Kegiatan Sosial
    Rosi Puspita Dewi(Universitas Sebelas Maret)…………………………………… 549-553
  85. Pengoptimalan Peran Nilai-Nilai Kewarganegaraan melalui Media Sosial guna Membentuk Digital Citizenship pada Warga Negara Muda
    Septiana Rushelawati(Universitas Sebelas Maret)………………………………. 554-558
  86. Kewarganegaraan Digital sebagai Konsep Perilaku dalam Bersosial Media
    Zulfiana(Universitas Sebelas Maret)…………………………………………………. 559-565
  87. Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Civic Disposition sebagai Wahana Pembentukan Karakter Kebangsaan Generasi Muda menuju Era Society 5.0
    Apriani Kusuma Ayu, Ronni Juwandi(Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)…………………. 566-568
  88. Implementasi Nilai Civic Virtue dalam Pelestarian Budaya Lokal bagi Pemuda Indonesia dalam Konteks Era Society 5.0
    Satrio Alpen Pradanna, Safitri, Yulianti Puspita Dewi, Sri Rahayu, Muhammad Mona Adha(Universitas Lampung)…………569-575
  89. Kemampuan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kecakapan Intelektual Warga Negara dalam Menghadapi  Berita Bohong Pemilu di Media Sosial
    Yona Puspa Ningtias(Universitas Sebelas Maret)……………………………….. 576-583
  90. Strategi Sekolah dalam Upaya Peningkatan Toleransi melalui  Pendidikan Multikultural
    Wahyu Mulyani (Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 584-586
  91. Peran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter dalam Meningkatkan Tanggung Jawab (Civic Responsibility) Siswa di Masa Pembelajaran Daring
    Wahyu Retno Widhiyastuti(Universitas Sebelas Maret)………………………. 587-592
  92. Pentingnya Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Pancasila bagi Warga Negara Muda untuk Mengatasi Hate Speech di Media Sosial
    Ananda Septia Harmaswuri(Universitas Sebelas Maret)………………………. 593-599
  93. Eksistensi Generasi Muda Dalam Membangun Keterampilan Berpartisipasi Di Media Sosial Melalui Konsep Digital Citizenship Guna Menjadi Warga Digital (Digital Citizen)
    Agung Dwi Yunanto……………………………………………………………………….. 600-603
  94. Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Mencegah Terjadinya Diskriminasi Antarumat Beragama di Lingkungan Masyarakat
    Dyah Ayu Faryda(Universitas Sebelas Maret)……………………………………. 604-609
  95. Character Education: Phenomenon Of Students’ In Social Media Communication Ethics
    Astri Zahrotul Umami, Cici Indrawati, Mutia Irene Situmorang, Muhammad Mona Adha, Eska Prawisudawati Ulpa (Universitas Lampung, UIN Raden Intan Lampung)……………………………………………… 610-618
  96. Pendidikan Politik Bagi  Perempuan  Melalui Literasi Digital Berbasis Media Sosial
    Erna Yuliandari (Universitas Sebelas Maret)……………………………………… 619-623
  97. Upaya Meningkatkan Komunikasi yang Efektif dalam Pembelajaran Daring berdasarkan Faktor Sosioekonomi Orang Tua Siswa
    Suanah (SD Negeri Pangkalan Kecamatan Parungkuda)………………………. 624-633
  98. Pemetaan Kesulitan Guru Dalam Penguatan Sikap Kewarganegaraan Peserta Didik di SMA Kota Surakarta
    Wijianto, Sri Haryati, M. Hendri Nuryadi, Rini Triastuti, Raharjo……………….634-638
  99. Pemenuhan Hak bagi Anak Penderita HIV/AIDSdi Kota Surakarta 
    Hibatullah (Universitas Sebelas Maret)………………………………………………. 639-647
  100. Implementasi Demokrasi melalui Pembinaan Kesiswaan di Sekolah
    Pambrian Dhika Megawanto (Universitas Sebelas Maret)…………………….. 648-657
  101. Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum di Lingkungan Militer dan SMA Umum di Luar Lingkungan Militer di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah)
    Windy Kartika Putri Widayanti (Akademi Militer) …………………………….658-676
  102. Praktik Belajar Kewarganegaraan Pada Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING)
    Raharjo, Anis Suryaningsih, Widya Noventari…………………….677-681