Member of

Informasi Terbaru

Program Studi PPKn FKIP UNS Gelar Lomba dan Webinar Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA)

Surakarta , 10 Desember 2023 – Program Studi S1- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berkolaborasi dengan STAINMAS Wonogiri, Asosiasi Dosen Pendidikan Kewarganegaraan (ADPK), dan Penyuluhan Anti Korupsi Surakarta menggelar rangkaian kegiatan anti korupsi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2023.

Rangkaian kegiatan anti korupsi S1-PPKN UNS dimulai dengan serangkaian lomba anti korupsi yang digelar pada Bulan November – Desember 2023. Puncak kegiatan dengan digelarnya webinar anti korupsi yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2023.  Webinar ini menghadirkan pembicara pertama yakni Ibu Ruslina D. S.Sos., M.A.P , Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti sekaligus sebagai Penyuluh Anti korupsi KPK, dan Pembicara kedua yakni Master Aista Wisnu Putra, Dosen Universitas Semarang sekaligus Penyuluh Anti korupsi KPK.

Webinar ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.  Kegiatan anti korupsi PPKN UNS ditutup dengan pengumuman pemenang lomba yang digelar bersamaan dengan webinar anti korupsi pada tanggal 09 Desember 2023. 

Dalam pengumuman pemenang lomba, terpilihlah para pemenang sebagai berikut:

  • Lomba puisi :
    • Juara 1: Asyiva Riski S (Universitas Sebelas Maret)
  • Lomba poster:
    • Juara 1: Qurratu ‘Aini (Universitas Sebelas Maret)
    • Juara 2: Elsa Maulana Oktavia (Universitas Sebelas Maret)
    • Juara 3: Ahmad Fikri Mel Gipsen (Universitas Sebelas Maret)
  • Lomba video project
    • Juara 1: Kamaluddin Miqdad (Universitas Sebelas Maret)
    • Juara 2: Amalia Khasanah (Universitas Sebelas Maret)
    • Juara 3: Gusti Agung Dirgantara (Universitas Sriwijaya)

Kepala Program Studi S1-PPKN UNS, Ibu Dr. Triana Rejekiningsih, S.H., M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan anti korupsi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya mahasiswa, tentang pentingnya anti korupsi.

“Korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang dapat menghambat pembangunan bangsa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya anti korupsi,” Ujar Ibu triana.

Kaprodi berharap kegiatan anti korupsi S1- PPKN UNS dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya anti korupsi dan dapat mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam pemberantasan korupsi,” ujar beliau.

Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sebelas Maret

Gedung FKIP C lantai 1, Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir Sutami, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126

Tautan Edukasi