Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Covid-19 Desa Gandasuli Melalui Kegiatan KKN Era Covid-19 UNS

Universitas Sebelas Maret menerapkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Era Covid-19 sebagai salah satu alternatif di tengah pandemi Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 menjadi fokus utama perubahan sistematika pelaksanaan KKN di Universitas Sebelas Maret. Kegiatan KKN ini merupakan wujud dari model KKN Peduli Bencana (PB). KKN Era Covid-19 dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa di daerang masing-masing. Pelaksanaan kegiatan KKN Era Covid-19 ini berlangsung dari tanggal 15 Mei- 30 Juni 2020.

RT 05 RW 02 Desa Gandasuli, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa tengah menjadi salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan KKN Era Covid-19. Pelaksana KKn ini ialah Triana selaku mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNS. Kegiatan ini dibimbing oleh Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan.

Salah satu program kegiatan utama dalam pelaksanaan program KKN ini ialah pemahaman masyarakat tentang Covid-19 yang dilakukan melalui sosialisasi secara daring (dalam jaringan) maupun luring(liuar jaringan). Kegiatan sosialisasi secara daring di antaranya berupa pembuatan desain berisi informasi seputar Covid-19 dan video edukasi yang disebarluaskan melalui sosial media seperti whatsapp, instagram, facebook, dan youtube. Selain itu juga ada kegiatan sosialisasi melalui grup whatsapp RT, yang di awali dengan pemberian materi atau informasi dan dilakukan tanya jawab seputar materi yang ada.

Sosialisasi secara luring dalam pelaksanaan KKN Era Covid19 yaitu dengan pelaksanaan sosialisasi tentang mencuci tangan pada warga, sosialisasi tentang penggunaan masker kain dengan pembagian masker kain, pembuatan spanduk, poster, dan brosur tentang pentingnya menggunakan masker kain. Selain kegiatan sosialisasi pemahaman Covid-19,  juga dilaksanakan pendampingan belajar bagi siswa-siswi dilingkungan RT 05 Rw 02 Desa Gandasuli sebagai upaya membantu para siswa untuk tetap belajar di rumah pada saat seklah diliburkan.

Rangkaian program kerja ini berjalan dengan lancar dan di sambut baik oleh warga. Hasil dari pelaksanaan rangkaian program tersebut yaitu mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat RT 05 RW 02 terkait Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan respon masyarakat dalam melaksanakan pola hidup sehat, dan menggunakan masker saat bepergian.