Mahasiswa UNS Berikan Pemahaman Pentingnya Pencegahan Penyebaran Covid 19

Pandemi Covid 19 merupakan masalah yang saat ini menjadi perhatian besar dari seluruh negara di dunia tak terkecuali Indonesia. Pertama kali kasus ini muncul di Indonesia pada 2 maret 2020 lalu dan terus mengalami penambahan jumlah kasus positif di setiap harinya. Menurut data terakhir pertanggal 7 Juli 2020 mencapai angka 66.226 kasus terkonfirmasi positif Covid 19. Dampak dari adanya pandemi Covid 19 ini tidak hanya pada sektor ekonomi atau sosial saja, namun juga menghambat pengabdian mahasiswa yakni KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang biasanya terjun langsung ke masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia namun diganti dengan KKN UNS Covid 19 yakni pengabdian mahasiswa di daerahnya masing masing dengan mengusung tema KKN UNS Tanggap Wabah Covid 19. Terkait koordinasi mulai dari penerjunan, konsultasi proposal dan program kerja dilaksanakan secara daring karena tidak memungkinkan jika secara offline.

Salah satu peserta KKN UNS Tanggap Wabah Covid 19 ialah Yuni Ratna Fadilah (K6417082), Mahasiswi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan tahun 2017 yang melaksanakan Program KKN dengan tema Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid 19 di RT 01/RW 01 Desa Tunggalroso, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen dibawah bimbingan DPL Bapak Dr. Agus Supriyanto, S.Si, M.Si. Kegiatan KKN UNS Covid 19 Batch 2 ini dilaksanakan sejak tanggal 15 Mei sampai 30 Juni 2020.

Program kerja yang dijalankan seperti edukasi dan sosialisasi mengenai Covid 19, pentingnya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), pentingnya Physical Distancing kepada masyarakat yang akan di bagikan di lingkungan RW 01 Desa Tunggalroso secara online melalui Whatsapp group maupun Instagram. Selain itu program kerja lainnya yaitu pendampingan belajar anak SD, edukasi cara mencuci tangan yang baik, pentingnya penggunaan masker, pembuatan handsanitizer, pembagian bahan disinfektan untuk masjid dan poster jaga kebersihan di lingkungan mushala atau masjid. Terkait kegiatan yang terjun langsung ke masyarakat seperti pembagian masker, handsanitizer dll tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Dari adanya kegiatan KKN ini diharapkan menambah pengetahuan masyarakat RT 01/RW 01 Desa Tunggalroso terkait pentingnya pemahaman mengenai Covid 19, yang mana agar masyarakat memiliki pemahaman tentang perilaku perilaku yang dapat menjaga diri dari penularan virus, bagaimana pencegahan seharusnya dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus, serta untuk membentuk kesadaran terkait pentingnya menggunakan masker, Physical Distancing, protocol kesehatan di tengah wabah pandemic Covid 19 ini.