Berkas Prosiding Seminar Virtual Nasional PPKn 2020 dapat diakses pada link berikut, sesuai dengan nama file yang ingin diakses/didownload:
COVER DAN DAFTAR ISI PROSIDING SEMINAR VIRTUAL NASIONAL PPKN 2020
FULL PAPER PROSIDING SEMINAR VIRTUAL NASIONAL PPKN 2020
FULL PAPER PEMBICARA DAN MASING-MASING PEMAKALAH DAPAT DIAKSES PADA LINK BERIKUT:
FULL PAPER PEMBICARA:
1. Permodelan FLIPPED CLASSROOM Mata Pelajaran PPkn di Era New Normal
Mifta Churrohman, S.Pd (Deputy Head of Great Crystal School Surabaya) 2-7
2. Pembelajaran Digital: Tantangan Bagi Guru PPKn di Era Revolusi Industri 4.0
Friskal Oktiansyah, S.Pd. (SMK Teknomedika Plus Bogor, Jawa Barat) 8-15
3. Dialektika Eksistensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Era Digital
Raharjo, S.Pd., M.Sc. (Universitas Sebelas Maret, Surakarta) 16-21
FULL PAPER MASING-MASING PEMAKALAH:
1. Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu
Surajiyo dan Harry Dhika (Universitas Indraprasta PGRI) 23-31
2. Politik Hukum Rekonstruksi Substansi Kajian Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Masa Pandemi Covid 19 (Hassan Suryono) 32-39
3. Keefektifan Program Generasi Berencana (Genre) Kota Surakarta dalam Penguatan Civic Responsibility
Alifi Kurnia Dzulhijjah (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 40-48
4. Strategi Menanamkan Karakter Berpikir Kritis pada Generasi Millenial melalui Literasi Digital
Anggi Arum Dini (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 49-53
5. Pemenuhan Hak Anak Penderita HIV/AIDS di Kota Surakarta
Anisa Mahmudatul H. (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 54-62
6. Pendidikan di Era Covid-19
Anis Khoirul Umma (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 63-75
7. Media Sosial sebagai Ruang Demokrasi bagi Generasi Milenial
Anisa Sulistiani (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 76-83
8. Pembinaan Tanggung Jawab Warga Negara melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan
Aris Sigit Jatmiko (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 84-90
9. Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia pada Era Digital dan Revolusi Industri 4.0
Arya Setya Husada (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 91-94
10. Pelestarian Budaya Kearifan Lokal dalam Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Revolusi Industri 4.0
Hasbi Ali (Universitas Syiah Kuala) 95-102
11. Optimalisasi Aplikasi Literasi Digital Berbasis Pancasila (Digital Pancasila) sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat dalam Berekspresi di Media Digital
Itok Dwi Kurniawan, Ismawati Septiningsih, dan Muhammad Bintang Pratama (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 103-112
12. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Bentuk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa
Bagus Indra Pribadi (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 113-128
13. Civic Education: #Stopkekerasanseksual
Cahya Fatika Yogayani (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 129-135
14. Efektifitas Pembelajaran Daring terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik
Dewi Ayu Ningsih (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 136-141
15. Memprihatinkan !!! Anak Jalanan di Kota Layak Anak Surakarta. Bagaimana Implementasi Kebijakan Pendidikan Pemerintahnya???
Dewi Wahyuni (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 142-149
16. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pembentuk Karakter Demokrasi
Dian Ayu Krismonita (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 150-155
17. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Kesadaran Hukum Warga Negara
Dony Suryawan (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 156-159
18. Dampak Pembelajaran Online dengan Sistem E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19
Endah Cahyaningsih (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 160-168
19. Optimalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Meningkatkan Civic Knowledge Peserta Didik Melalui Media Sosial
Ahman Tosy Hartino & Muhammad Mona Adha (Universitas Lampung) 169-176
20. Identifikasi Kendala Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Pendidikan Politik Prapemilih Di Kota Pekanbaru Dan Kota Dumai
Hariyanti & Filma Alia Sari (Universitas Riau) 177-182
21. Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Kota Surakarta
Prayoga Adi Pangestu (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 183-189
22. Membentuk Karakter, Membangun Bangsa
Efa Madani & Fara Nur Azizah (IAI AL AZIS) 190-198
23. Persepsi Siswa tentang Kegiatan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Pandemi Virus Corona di SD NEGERI PANGKALAN KECAMATAN PARUNGKUDA
Suanah (SD Negeri Pangkalan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat) 199-209
24. Pernikahan Dini dalam Kaitan Perlindungan Anak
Umiyati (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 210-216
25. Problematika Kekerasan dalam Dunia Pendidikan Ditinjau dari Perspektif Kewarganegaraan
Yani Arifah (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 217-224
26. Aspek-Aspek Pendidikan Politik dalam Kehidupan Demokrasi untuk Mewujudkan Kecakapan Warga Negara yang Smart And Good Citizenship
Yayuk Rahayuningtyas (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 225-229
27. Motif Penyebab Bullying dan Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah
Yulfida Rizqi Fauzia (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 230-239
28. Upaya Penanaman Nilai Nasionalisme pada Generasi Muda melalui Pendidikan
Yulian Ali (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 240-246
29. Critical Thinking Skills sebagai Penangkal Hoax di Era Pandemi Covid-19
Triana (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 247-254
30. Analisis Pembelajaran Daring Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Penguatan Literasi Digital Warga Negara
Ronni Juwandi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) 255-261
31. Pemanfaatan Pembelajaran Digital Melalui Edmodo Untuk Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh
Selvy Lutfiana, Nia Rahayu Anggraeni, & Aslita Manda Widiyawati (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 262-268
32. Urgensi Bahan Ajar Virtual Dalam Pembelajaran PPKn
Raharjo, Anis Suryaningsih, Widya Noventari (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 269-273
33. Model Perkuliahan Kewarganegaraan dengan Menghasilkan Karya Desain Grafis sebagai Upaya Menebar dan Menumbuh Kembangkan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Masyarakat
MRR. Tiyas Maheni DK(Politeknik Negeri Jakarta) 274-278
34. Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Ambil Gak Yaa?” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak
Sekti Nova Tuko Dwi Lestari (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 279-286
35. Efektifitas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lkpa) dalam Pemenuhan Hak atas Pendidikan bagi Narapidana Anak
Shafira Asrining Budi Amadea (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 287-294
36. Pembelajaran Online pada Pelaksanaan Sistem Pendidikan akibat Pandemi Covid-19
Sindi Nugraheni (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 295-299
37. Keefektifan Pagelaran Rutin Reyog terhadap Peningkatan Sikap Nasionalisme Masyarakat Desa Bungkal Kabupaten Ponorogo
Sinta Dufa Laili (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 300-305
38. Artikel Kejahatan “Klithih”: Apa Motif dan Penyebabnya?
Siti Alfianti Agustina (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 306-314
39. Peran dan Perilaku Siswa dalam Ecological Citizenship Persekolahan
Tsuraya Adzra Mulyadi (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 315-322
40. Dampak Penerapan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surakarta
Mufidatul Azizah (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 323-331
41. Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital Sebagai Respon Revolusi Industri 4.0
Machmud Al Rasyid (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 332-335
42. Teknik Balainang Melalui Media Buku Bergambar Untuk Meningkatan Keterampilan Membaca Kelas 1 MIN 2 Bangka
Rosalina (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bangka) 336-341
43. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karakter Anak Di Sekolah
Romaida Karo Karo (Universitas Negeri Medan) 342-346
44. Energetic Young People: Kesadaran Tinggi Voluntary Action Warga Negara Muda dengan Implementasi Kerja Efektif, Dinamis dan Harmonis
Muhammad Mona Adha, Eska Prawisudawati Ulpa (Universitas Lampung) 347-353
45. Persepsi Peserta Didik sebagai Pemilih Pemula terhadap Bakal Calon Kepala Daerah Kabupaten Boyolali Tahun 2020
Enggar Fitri Nurlaili (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 354-361
46. Civic Literacy: Kritis Menanggapi Berita Bohong (Hoax) di Media Sosial
Enno Febrianti (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 362-371
47. Penanaman Nilai Budaya Tertib Berlalulintas Warga Solo dan Relefansinya dalam Pembentukan Good Citizen
Esa Deva Putra Mawanda (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 372-377
48. Strategi Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Farah Fardani Azzukhruf (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 378-385
49. Peran Guru Ppkn dalam Pengembangan Tanggung Jawab Peserta Didik pada Era Globalisasi di MAN 1 Karanganyar
Fara Dilla Ayu Azzahra (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 386-393
50. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan melalui Permainan Tebak Gambar di Sekolah Menengah Pertama Surakarta
Friskila Suseno (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 394-398
51. Kajian Kewarganegaraan sebagai Upaya Menanggulangi Pengaruh Radikalisme dalam Organisasi Kerohanian di SMA
Luthfia Devi Romadhoni (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 399-405
52. Pengembangan Alat Ukur Indeks Ketahanan Ideologi Al-Irsyad Komponen Perilaku
Joko Subando, Badrun Kartawagiran, & Sudji Munadi (Universitas Negeri Yogyakarta) 406-413
53. Pemantapan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Perdamaian Di Tengah Penguatan Politik Identitas Di Indonesia
Maryanti (Universitas Pertahanan) 414-420
54. Aplikasi Tutorial Berbantuan Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matakuliah Pembelajaran PKn Di Sd Di Tengah Pandemi Covid-19
Evi Susilawati (Universitas Islam Sumatera Utara) 421-427
55. Upaya Menumbuhkan Kesadaran Ketertiban Berlalu Lintas Pengendara Kendaraan Bermotor di Kota Surakarta
Hanafi Mualim (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 428-434
56. Pemenuhan Hak atas Pendidikan Politik bagi Anak Penyandang Disabilitas Fisik di SMALB Negeri Purworejo
Ibnata Bikry Mulia (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 435-442
57. Sekolah Adiwiyata: Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa dalam Upaya Mengurangi Sampah Plastik Sekolah
Imadatul Millati (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 443-450
58. Cyberbullying Versus Digital Citizenship
Indah Mayasari (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 451-457
59. Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Mahasiswa Dalam Bela Negara Non Fisik Memperkuat Ketahanan Nasional
Luh Suryatni (Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma) 458-470
60. Peran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Warga Negara di Era Globalisasi
Putri Juli Purwati (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 471-475
61. Civic Values Dan Covid – 19; Tantangan Dan Respons Kewarganegaraan Di Masa Pandemi
Regina Permatadewi & Tubagus Umar Syarif Hadi Wibowo (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) 476-481
62. Kompetensi Profesional Guru : Pentingnya Latar Belakang Pendidikan Guru Pkn Ketika Mengajar di Sekolahan dalam Membentuk Karakter Siswa
Reni Wulandari (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 482-489
63. Peran Partai Politik dalam Pendidikan Politik bagi Generasi Muda
Indah Pratiwi Setiyo Rahayu (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 490-498
64. Kontekstualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kebijakannegara (Kajian Relasi Pancasila dan Nawacita Menuju Percepatan Pembangunan Nasional yang Berkeadilan Sosial)
Lestanta Budiman & Hastangka (PS Pancasila, UPN “Veteran” Yogyakarta) 499-505
65. Penguatan Ecological Citizenship pada Proyek Penambangan Batu Gunung di Desa Candirejo Kabupaten Gunung Kidul
Indah Trisnawati (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 506-513
66. Instagram sebagai Media Preventif Student Brawl
Intan Widiyanti (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 514-522
67. Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Mapel Ppkn Kelas XI SMA N 1 Mojolaban Berdasarkan Kurikulum 2013
Isti Mardiana (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 523-529
68. Pemenuhan Hak atas Pekerjaan bagi Nelayan akibat Proyek Tambang Timah di Perairan Laut Pulau Bangka
Krisna Adrian (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 530-538
69. Perlunya Penguatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Kewarganegaraan untuk Memasuki Era Disrupsi Pendidikan di Indonesia
Lail Nur Fadhlika (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 539-547
70. Pentingnya Pkn untuk Meningkatkan Pemahaman Warga Negara terhadap Nilai-nilai Pancasila
Graha Shinta N. (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 548-554
71. Strategi Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Muhamad Fahri Noor Syahbani (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 555-562
72. Penguatan Wawasan Kebangsaan Di Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Esty Rahmayanti (Institut Seni Indonesia Surakarta) 563-569
73. IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA SEBAGAI MODAL SOCIAL DALAM MENGHADAPI PENDEMI COVID 19 DI ERA NEW NORMAL
Anis Suryaningsih, Raharjo, Widya Noventari (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 570-577
74. Peranan Pembelajaran PPkn dalam Menumbuhkan Perilaku Tertib Berlalu Lintas pada Siswa Sekolah Menengah di Kota Solo
M. Khaedor Mukharom (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 578-582
75. Upaya Menanamkan Sikap Toleransi di SMA N 1 Gemolong melalui Komunitas Gerpawan (Gerakan Pancasila Kewarganegaraan)
Mela Fitria Wahyuningsih (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 583-590
76. Penggunaan Video Iklan Layanan Masyarakat sebagai Sarana Pendidikan Kewarganegaraan dalam Upaya Penguatan Rasa Toleransi
Monika Lavina Pratomo (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 591-596
77. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Multikultural Ditengah Keberagaman Masyarakat Multikultural Indonesia
Yuni Ratna Fadilah (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 597-603
78. Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Mata Pelajaran PPkn Pasca Pandemi Covid-19
Muhammad Abdul Khalil (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 604-608
79. Peningkatan Civic Disposition melalui Pendidikan Karakter sebagai Upaya Mewujudkan Smart and Good Citizen
Mutiah Yulfitri (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 609-614
80. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Demokrasi Melalui Civic Literacy Untuk Mahasiswa di Era Digital
Erna Yuliandari (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 615-619
81. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Sebagai Benteng Karakter Bangsa Dalam Menghadapi Era Society 5.0
Yusuf Falaq (Institut Agama Islam Negeri Kudus) 620-627
82. Kesulitan Guru dalam menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas
Sri Haryati, Rini Triastuti, & Muhammad Hendri Nuryadi (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 628-631
83. Pentingnya Peran Komisi Pemilihan Umum dalam Pemberian Pendidikan Politik kepada Penyandang Disabilitas
Mutiara Mega Pratiwi (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 632-641
84. Perlindungan terhadap Perempuan pada Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga di Kota Karanganyar
Nanda Aulia Febiany (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 642-652
85. Peran Pemerintah Desa dalam Mengupayakan Civic Responsibility Warga Tuna Grahita dalam Pemenuhan Ekonomi Keluarga di Kampung Idiot, Ponorogo
Novita Icha Sulistiana (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 653-659
86. Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila melalui Media Sosial sebagai Upaya Menanggulangi Degradasi Moral di Era Digital
Nur Cahyani (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 660-666
87. Mengembangkan Rasa Nasionalisme Siswa dalam Menangkal Budaya Asing di Era Modern
Nurul Utami (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 667-673
88. Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Era Globalisasi
Puji Nur Ekowati (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 674-682
89. Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus dalam Mengembangkan Kemandirian (Studi Kasus Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surakarta)
Puspita Kursiani (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 683-692
90. Inovasi Flipped Classroom Berbasis Spada Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Pada Mata Kuliah Pancasila Di Era New Normal
Muhammad Hendri Nuryadi & Siska Fitri Anggraheni (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 693-698
91. Aktualisassi Pembelajaran Ppkn di SMP Pada Pandemi Covid 19 Dalam Menghadapi Krisis Moral Generasi 5.0
Suyahman (Universitas Veteran bangun Nusantara Sukoharjoa) 699-704
92. Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi SDN Cikupa 4 Kabupaten Tangerang
Muhammad Rizqi Amrullah & Ainur Rosyid (Universitas Esa Unggul) 705-712
93. Urgensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19
Fitri Silvia Sofyan, Aris Riswandi Sanusi (Universitas Buana Perjuangan Karawang) 713-719
94. KKN Covid-19 sebagai Pendorong Civic Participation (Partisipasi Warga Negara) Mahasiswa UNS pada Masa Pagebluk Virus Corona
Icha Julianti (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 720-729
95. Masalah Akibat Rendahnya Kesadaran Masyarakat Dalam Mengurus Akta Kematian
Herlina Rismawar Oktaninda (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 730-737
96. Penguatan Civic Literacy melalui Peran Relawan di Sekolah Terminal Sakila Kerti Tegal
Rani Septia Mahmuda (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 738-745
97. Pembinaan Karakter Narapidana Anak untuk Membentuk Good Citizen di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kutoarjo
Retno Azizah (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 746-754
98. Optimalisasi Komunikasi Keluarga pada Era Digital guna Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak
Rielo Pambudhi (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 755-759
99. Pelaksanaan Pendidikan Politik melalui Pembentukan Desa Anti Politik Uang
Riza Ambarwati (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 760-768
100. Hakikat Pancasila dalam Mewujudkan Solidaritas Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19
Rizki Amalia Pratiwi (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 769-775
101. Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sma Negeri 7 Malang
Moh. Wahyu Kurniawan & Adi Slamet Kusumawardana (Universitas Muhammadiyah Malang) 776-785
102. Peran Pancasila di dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kewarganegaraan Masa Kini
Musa Yongkie Dausath (Universitas Sebelas Maret Surakarta) 786-794
103. Nilai Kemanusiaan Sebagai Modal Sosial Keindonesiaan dalam Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan Di Era Revolusi Industri 4.0 Eko Digdoyo (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA) 795-807
104. Implementasi Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Roro Merry Chornelia Wulandary (Universitas Tribhuwana Tunggadewi) 808-811