Bersama Melawan Covid-19 Melalui KKN Covid Universitas Sebelas Maret Surakarta

Gampar 1. Pembagian bantuan fasilitas kesehatan kepada warga Dukuh Blimbing Rt 06

BOYOLALI, JAWA TENGAH — Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan sebuah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Era covid-19 yang dikenal dengan KKN Covid. KKN Covid diselenggarkan sebagai wujud kepedulian UNS dalam membantu pemerintah menghentikan penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Dukuh Blimbing RT 06 RW 02, Kelurahan Temon, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menjadi salah satu lokasi penyelanggaraan KKN Covid. Kegiatan berlangsung dari 15 Mei hingga 30 Juni 2020. Pelaksanaan KKN Covid tersebut dilaksanakan oleh Yani Arifah (K9417076) selaku mahasiswa semester VI Universitas Sebelas Maret dengan dibimbing oleh Bapak Agus Dwi Priyanto, S.S.M,CALL selaku Dewan Pembimbing Lapangan (DPL)

Kegiatan dalam KKN Era Covid-19 dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa di desa masing-masing. Kegiatan KKN Era Covid-19 juga disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat masa pandemi covid. Kurangnya kesadaran warga Dukuh Blimbing RT 06 RW 02, Kelurahan Temon, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah untuk mematuhi protokol kesehatan menjadi ide awal dalam pembentukan program kegiatan yang akan dilakukan. Program inti kegiatan yang dilakukan adalah bertujuan agar dapat menumbuhkan kesadaran warga Dukuh Blimbing RT 06 akan pentingnya mematuhi protocol kesehatan sebagai uapaya pencegahan Covid-19. Selain itu bantuan fasilitas kesehatan seperti masker dan handsanitizer juga merupakan program kegiatan utama yang dilakukan.

Kegiatan awal yang dilakukan adalah Penyuluhan Pemahaman Terkait Covid-19, Pentingnya Penerapan Hidup Bersih dan Sehat, Pentingnya Penerapan Social Distancing dan Stay at Home, serta update informasi terkait Covid-19 kepada Warga Dukuh Blimbing RT 06 melalui group whatsapp atau daring yang dilakukan secara berkala. Setelah melakukan sosialisasi atau penyuluhan terkait Covid-19, Yani Arifah bersama dengan anggota karang taruna Dukuh Blimbing RT 06 mengadakan penyemprotan disinfektan seminggu sekali, memberikan bantuan fasilitas kesehatan seperti masker dan handsanitizer, hingga membantu warga Dukuh Blimbing RT 06 untuk menyediakan tempat cuci tangan di rumah masing-masing. Salah satu warga Dukuh Blimbing RT 06 Siti Muntamah berkata “Bantuan fasilitas kesehatan yang diberikan sangat bermanfaat bagi warga, selain itu di dalam nya juga diselipkan kertas yang berisi tata cara memakai masker dan tata cara pembuatan masker secara sederhana sehingga warga dapat membuat masker sendiri di rumah”.

Hasil akhir yang tampak setelah pelaksanaan program KKN Era Covid-19 sangat lah positif. Ketua RT 06, Hanan Fahrudin berkata “Adanya kegiatan KKN Era covid-19 sangat bermanfaat karena dapat membatu mengkondisikan masyarakat agar dapat mematuhi protocol kesehatan. Sekarang warga sudah mulai tertib  mematuhi protocol kesehatan sejak adanya KKN Era Covid-19”. Warga Dukuh Koripan yang awalnya tidak memakai masker saat keluar rumah, sudah mulai memakai masker sejak diselenggarakannya KKN Era Covid-19. Selain itu, warga juga mulai menerapkan perilaku hidup dan bersih dengan membuat tempat cuci tangan di rumah mereka, serta warga juga tidak berkerumun ketika berada di luar rumah.